Kemenag Lombok Timur Tasyakuran HAB ke-74 dan Peresmian Musholla Al-Ikhlas
Dikirim oleh kemenag 06-01-2020
blog image

Senin, 06 Januari 2020. Puncak peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-74 di Kabupaten Lombok Timur diselenggarakan hari ini dengan kegiatan tasyakuran sekaligus untuk meresmikan Musholla Al-Ikhlas di lingkungan  Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Gawe besar di Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur ini turut mengundang Bupati Lombok Timur dan juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB beserta jajarannya.

Tasyakuran diawali dengan pembacaan Surat Yasin oleh seluruh undangan yang dipimpin oleh Kepala Seksi Bimas Islam dan Kepala Seksi Syariah Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Tasyakuran dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Dalam sambutannya, Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas partisipasi seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur yang telah membantu terselesaikannya hajat pembangunan Musholla Al-Ikhlas. Pembangungan Musholla Al-Ikhlas ini juga merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HAB ke-74. Tahap awal pembangunan musholla ini telah dilaksanakan pada Bulan Agustus 2019 yang juga mengundang Bapak Bupati Lombok Timur dan juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB hingga akhirnya terselesaikan pada Bulan Desember 2019. Selain pembangunan musholla, peringatan HAB ke-74 juga dilakukan melalui bakti sosial kepada masyarakat di wilayah selatan Lombok Timur dengan pelaksanaan Sholat Istisqo dan penyaluran air bersih ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan. Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Lombok Timur atas dukungan yang luar biasa kepada semua kegiatan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur hingga dapat berjalan dengan sukses.

Dukungan Bupati Lombok Timur pada kegiatan Kemenag Lotim tidak hanya diberikan pada peringatan HAB ke-74 dimana Bupati ikut memberikan hadiah berupa 10 paket Umroh kepada para undangan yang beruntung, namun juga pada kegiatan administrasi pelayanan masyarakat Kementerian Agama, dimana Kabupaten Lombok Timur telah menghibahkan 11 lahan KUA kepada Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur dan akan diikuti oleh lahan lokasi pelayanan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur yang lainnya.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB yang memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur beserta seluruh pegawainya yang telah berhasil menyelesaikan Musholla Al-Ikhlas sesuai target waktu dan akhirnya berdiri dengan sangat megah. Beliau juga menghimbau kepada seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur untuk mengambil semangat dari pembangunan musholla ini dimana masyarakat Lombok Timur harus terus membangun agar lebih maju karena Lombok Timur punya potensi yang sangat besar. Semangat seluruh keluarga besar Kementerian Agama di HAB ke-74 ini akan berpengaruh pada perkembangan Kementerian Agama khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Bupati Lombok Timur dalam sambutannya juga memberikan ucapan selamat pada peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang ke-74 dan juga memberikan selamat atas selesaikanya pembangunan Musholla Al-Ikhlas. Menurut beliau pembangunan musholla ini merupakan satu langkah besar untuk kemajuan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Satu langkah ini harus diiringi dengan langkah-langkah berikutnya dimana Beliau menyatakan akan mendukung penuh seluruh langkah Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Dukungan dari Bupati beliau wujudkan dalam bentuk hibah tanah lahan KUA yang telah diserahkan ke Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur dan akan diikuti oleh lahan Madrasah Negeri. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan, dimana saat ini minat masyarakat pada madrasah semakin tinggi. Bahkan Beliau juga menambahkan bahwa ada lahan di wilayah Kecamatan Terara yang siap diberikan kepada Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur jika akan membangun Madrasah Aaliyah untuk pemerataan pendidikan di Lombok Timur.

Usai memberikan sambutan, Bupati Lombok Timur juga secara langsung meresmikan Musholla Al-Ikhlas Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur dengan simbolik pengguntingan pita di musholla. Tasyakuran kemudian dilanjutkan dengan doa oleh TGH. Muhammad Muhsan N Yunus, LC yang juga pensiunan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Tasyakuran dilanjutkan dengan pengundian doorprize uang muka ibadah umroh untuk 15 orang dan ditutup dengan makan siang bersama dengan adat dulang khas masyarakat Pulau Lombok. (Laras)

Baca Juga