Kemenag Lombok Timur Laksanakan Apel HAB ke-74 dengan Khidmad dan Meriah
Dikirim oleh kemenag 03-01-2020
blog image

Jumat, 03 Januari 2020. Peringatan Hari Amal Bakti ke-74 di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur diwujudkan dengan pelaksanaan apel yang bertempat di halaman MTsN 1 Lombok Timur atau biasa disebut MTsN Model. Pagi ini pukul 07.00 Wita tampak seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur telah berkumpul untuk melaksanakan apel dengan pakaian putih hitam dan para pejabat menggunakan jas lengkap.

Tepat pukul 07.30 Wita petugas apel dari pegawai Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur yang mengenakan pakaian korpri telah mempersiapkan para peserta untuk memulai upacara. Pembawa acara yang merupaka siswi MTsN Model mulai menyampaikan susunan upacara. Upacara peringatan Hari Amal Bakti langsung dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy tampak khidmad memimpin apel di podium, dibelakangnya juga nampak Ibu Kepala Sub Bagian Tata Usaha beserta jajaran Kepala Seksi, Kepala KUA serta Kepala Madrasah. Tidak ketinggalan Ibu Ketua Dharma Wanita beserta seluruh pengurus ikut hadir dalam apel dengan mengenakan seragam Dharma Wanita dengan nuansa kuning.

Apel dibuka dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera dari Madrasah Aliyah. Usai sang merah putih dikibarkan apel dilanjutkan dengan pembacaan amanat Menteri Agama dalam menyambul HAB ke-74 dengan tema “Umat Rukun, Indonesia Maju”.

Dalam amanat Menteri Agama disampaikan bahwa para founding fathers Indonesia dengan bimbingan Allah Yang Maha Kuasa telah mengenalkan teori alternatif, yaitu “teori akomodasi” yang menyangkut hubungan agama dan negara dimana penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Dengan itu Bapak Fachrul Razi mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

Pesan mengenai kerukunan umat beragama ini juga ditegaskan kembali oleh Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy dimana moderasi beragama harus kitta kenalkan pada generasi muda kita sejak dini dengan bahasa yang sesuai dan dapat dipahami. Kementerian Agama yang juga berperan dalam dunia pendidikan memiliki tanggung jawab besar untuk mendidik dan membangun generasi yang memiliki integritas.

Apel Hari Amal Bakti dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu dengan tema Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur oleh tim marching band dan tim paduan suara. Apel ditutup dengan doa. Diakhir apel seluruh peserta apel dimohon untuk tetap dilokasi karena Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy akan membagikan kejutan-kejutan kepada keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Dimulai dari perwakilan dari siswa-siswi yang bertugas diminta maju ke depan untuk memberikan aspirasi mereka mengenai proses belajar mengajar yang mereka inginkan, begitu juga perwakilan pegawai yang diminta mengutarakan suasana pekerjaan yang merekan butuhkan untuk mendapatkan kerja maksimal. Selanjutnya Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy memanggil pegawai-pegawai yang mendapatkan penilaian kerja terbaik dari beliau untuk mendapatkan hadiah berupa uang muka untuk ibadah umroh.

Apel peringatan Hari Amal Bakti ini juga menjadi ajang untuk mengumumkan pemenang berbagai lomba yang diadakan oleh panitia, diantaranya lomba penilaian kerapian dan keserasian untuk Kepala KUA serta Kepala Madrasah, lomba karaoke, dan juga lomba mewarnai untuk siswa RA. Selain itu pada momen ini juga dilaksanakan pelepasan pada pegawai Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur yang telah memasuki masa pensiun. (Laras)

Baca Juga