Drs. H. Azharuddin, M.Sy. – Terus Tingkatkan Kompetensi Guru
Dikirim oleh kemenag 10-12-2019
blog image

Selasa, 10 Desember 2019. Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah 2 Selong Lombok Timur yang diketuai oleh Bapak Muhamad Tantowi Jauhari, S.Ag. mengadakan kegiatan pembinaan kepada kepala Madrasah Ibtidaiyah di wilayahnya. Tema dari kegiatan pembinaan ini adalah Sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) 183, KMA 184 dan juga Pembelajaran Abad 21.

Bertempat di Lesehan Rirana Kabupaten Lombok Timur 18 orang Kepala Madrasah Ibtidaiyah KKM 2 menjadi peserta dari kegiatan pembinaan. Kegiatan Pembinaan dimulai pada pukul 09.00 WITA dan dibuka oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. Azharuddin, M.Sy. Dalam sambutan pembukaan pembinaan, Drs. H. Azharuddin, M.Sy., mengatakan beliau sangat bersemangat jika berbicara mengenai dunia pendidikan dan dunia madrasah. Saat ini madrasah menjadi pilihan pendidikan masyarakat yang tidak hanya bersaing dengan sekolah umum namun telah menjadi primadona. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan agama dan akhlak semakin meningkat. Oleh karena itu Beliau menekankan agar pada pimpinan madrasah juga terus memberikan semangat kepada para tenaga pendidik agar tetap bangga dan melakukan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur memberikan motivasi agar para tenaga pendidik memiliki semangat untuk meningkatkan output pendidikan yang dimulai dari peningkatan kualifikasi diri masing-masing. Peningkatan kualifikasi dapat dimulai dari empat bidang yaitu yang pertama peningkatan metodologi pengajaran agar dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat diterima oleh siswa. Bidang yang kedua adalah meningkatkan pengetahuan dan penguasaan materi agar ilmu yang diberikan kepada siswa selalu up to date. Bidang ketiga adalah kedisiplinan dalam tingkat kehadiran di sekolah, karena sepandai apapun guru jika tidak disiplin hadir untuk mengajar maka ilmunya tidak akan bermanfaat. Bidang keempat adalah seorang tenaga pendidik wajib mencintai pekerjaannya, karena guru bukan pekerjaan biasa, guru merupakan pekerjaan mulia yang jika guru dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada muridnya, maka akan menjadi amal jariyah yang terus mengalir kepadanya. Mengakhiri sambutannya Bapak, Drs. H. Azharuddin, M.Sy., menghimbau agar semua ASN rutin membaca  1 buku setiap bulannya sebagai salah satu usaha peningkatan kualifikasi.

Usai sambutan dari Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, kegiatan dilanjutkan dengan materi mengenai KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah yang disampaikan oleh Dra. Zuriyatun Soliah, M.Pd. Materi berikutnya KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah yang disampaikan oleh Hj. Jamiatun Fitriyah, S.Pd. Materi terakhir mengenai Pendidikan Abad 21 disampaikan oleh Ibu Tasnim, S.Pd. (Laras)

Baca Juga