Kemenag Lombok Timur Gelar Rangkaian Rekrutmen Penyuluh Agama Islam Non-PNS
Dikirim oleh kemenag 09-12-2019
blog image

Minggu, 8 Desember 2019. Ratusan Calon penyuluh Non PNS di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur pagi ini hadir di MAN 1 Lombok Timur untuk mengikuti seleksi rekrutmen Penyuluh Agama Islam non PNS periode 2020/2025.

Sesuai dengan Keputusan Dirjen Bimas Islam nomor 927 Tahun 2019 yang terbit tanggal 17 Oktober 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi, Seleksi dan Penetapan Jumlah Penyuluh Agama Islam Non PNS periode 2020/2024 maka kuota untuk Kabupaten Lombok Timur di periode ini adalah sebanyak 172 orang. Dari total kebutuhan tersebut akan diambil dari penyuluh non PNS eksisting di periode sebelumnya yang mendapatkan nilai memuaskan dalam evaluasi kinerjanya dan juga dibuka kesempatan untuk tenaga-tenaga baru yang belum pernah menjadi penyuluh.

Tahapan rekrutmen Penyuluh Agama Islam non PNS dimulai dari dibukanya pendaftaran melalui pengumpulan berkas pendaftaran mulai tanggal 15 November hingga 3 Desember 2019. Pada tanggal 4 Desember 2019 diumumkan sebanyak 309 orang pendaftar yang akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu tes tulis dan wawancara serta sebanyak 91 orang yang berasal dari penyuluh periode 2017-2019 yang lulus melalui evaluasi kinerja dan tidak perlu mengikuti tahapan tes berikutnya.

Pada hari Minggu pagi sebanyak 309 orang dari berbagai kalangan mengikuti tahapan seleksi yaitu tes tulis dan wawancara. Kegiatan seleksi ini dimulai pukul 07.00 WITA dengan pengarahan dari Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Peserta seleksi dikumpulkan di halaman MAN 1 Lombok Timur untuk mendapatkan pengarahan dari panitia dan Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy. untuk kemudian masuk ke ruangan yang telah ditentukan untuk melanjutkan ke tahapan tes tulis. Usai mengikuti tes tulis yang berlangsung 90 menit peserta diberikan waktu istirahat untuk kemudian melanjutkan ke tahap wawancara dengan panitia dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Dari 309 orang peserta yang mengikuti tes pada hari ini akan diambil 81 orang yang akan diangkat menjadi penyuluh Agama Islam non PNS periode 2020-2024 di Kabupaten Lombok Timur. Hal yang istimewa dari rekrutmen kali ini adalah nantinya peserta yang lolos masing-masing akan mendapatkan SK dari Kementerian Agama. (Laras)

Baca Juga