Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur Menghadiri Sosialisasi Perubahan Kurikulum 2013 di MTs NW Pancor
Dikirim oleh 19-09-2019
blog image

Selong, 11 September 2019. Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur, Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy menghadiri acara yang diselenggarakan oleh pengurus Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pancor, Lombok Timur. Acara yang bertempat di aula MTs NW Pancor tersebut membahas mengenai "Pembinaan dan Sosialisasi Perubahan Kurikulum 2013" dan melibatkan para kepala madrasah serta guru ASN di lingkungan KKM MTs-MA YPH PPD NW Pancor. Terdapat sekitar lima puluhan orang hadir dalam acara yang dimulai sekitar pukul 08.50 - 10.40 WITA tersebut. Kepala MTs NW dan beberapa orang pengurus yayasan juga tampak hadir. Pembacaan surat Al-Fatihah dan shalawat Nahdlatain dipmpin oleh Bapak H. Rusdi, M.Pd.I.

Bertindak sebagai koordinator pelaksana sekaligus ketua KKM tingkat MA, Bapak H. Munawar, berkesempatan untuk memberikan  sambutan di awal acara. Beliau mengucapkan terimakasih atas apresiasi terkait dengan akan diberlakukannya regulasi-regulasi baru sebagai komitmen untuk menindaklanjuti penyempurnaan dan sistem SKS yang dapat meningkatkan kualitas internal dan eksternal dunia pendidikan di Lombok Timur.

Dalam kesempatan kali ini, Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur menyampaikan dua gambaran umum program dari Kementerian Agama Lombok Timur, yaitu integrasi umat beragama dan integrasi data. Tentunya, dibutuhkan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat untuk dapat menyukseskan program tersebut, jadi bukan hanya tugas dari Kantor Kementerian Agama saja. Masyarakat juga mempunyai andil besar dalam hal ini. Beberapa waktu lalu di daerah Lombok timur, telah terjadi konflik yang dipicu oleh kurangnya sikap saling menghargai perbedaan dalam hal beragama. Minimnya tempat ibadah merupakan salah satu pemicu terjadinya konflik, "ungkap Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur. 

Selanjutnya, untuk point kedua yaitu integrasi data, Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy berharap kepada pihak terkait supaya dapat memberikan data yang real. Sebagai contoh, dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) harus sesuai dengan jumlah siswa yang berhak menerima dana BOS tersebut. Pengelolaan yang baik dan manajemen yang bersifat terbuka juga ikut menjadi harapan Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur. Beliau menambahkan terdapat empat hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen, yaitu kejujuran seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam,keterbukaan, saling pengertian dan harus bisa saling memaafkan.

Menutup pidatonya, Bapak Drs.H. Azharuddin, M.Sy berharap kepada seluruh guru MTs maupun MA agar dapat menciptakan suasana yang nyaman di kelas, sehingga siswa merasa betah mengikuti proses belajar. Harapan tersebut dapat diupayakan sekaligus direalisasikan dengan senantiasa berusaha memberikan penampilan yang baik (the best performance) di hadapan siswa yang tercermin melalui penampilan yang bersih dan rapi. Di samping itu, etika yang baik (the best attitude) juga harus mampu dihadirkan oelh guru. 

Di akhir acara, Bapak H. L. Hamdan selaku Kepala MTs.Mu'alimin menyerahkan kenang-kenangan berupa foto Almaghfirullah Maulana Syaikh Tuan Guru Kyai Haji Mammad Zainuddin Abdul Madjid kepada Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur. 

Sekitar pukul 10.40 WITA acara selesai dan ditutup dengan pembacaan do'a oleh Bapak Ustadz H. M. Amin. Selesai acara Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy kemudian dipersilahkan untuk mengunjungi ruang Kepala sekolah MTs. Mu'alimat NW Pancor. (ALQ)

 

 

Baca Juga