Drs. H Azharuddin , M.Sy – Tips Menjadi Guru Terbaik
Dikirim oleh kemenag 28-08-2019
blog image

Senin, 26 Agustus 2019. Bertempat di halaman MTsN IV Gunung Rajak Lombok Timur diselenggarakan Pembinaan Guru yang diikuti oleh 150 guru dari MIN Lombok Timur beserta DPK dan juga guru dari MTsN IV Lombok Timur berserta KKM. Kegiatan dilangsungkan sejak pukul 09.00 WITA sampai dengan pukul 12.00 Wita. Pemateri pada pembinaan ini adalah Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Bapak Drs. H. Azharuddin, M.Sy selaku dan Bapak H Zainul Arqam selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah.

Kegiatan dimulai dengan laporan panitia yang diwakili oleh Bapak Mehram, Spdi  yang juga menjabat sebagai Kepala MIN Lombok Timur. Pada kesempatan kedua, kegiatan yang juga dihadiri oleh Ibu Hj Baiq Isniarti ini dilanjutkan dengan materi dari Bapak H Zainul Arqam. Selanjutnya materi disampaikan oleh Bapak Drs. H Azharuddin , M.Sy yang memulai materinya dengan mengajak seluruh peserta untuk berdiri dan mengumandangkan yel-yel 5 Budaya Kerja Kementerian Agama agar peserta segar kembali.

Dalam materinya, Bapak. H Azharuddin , M.Sy mengingatkan kepada para guru untuk mengingat slogan “Madrasah Hebat, Madrasah Bermatabat” agar menjadi penyemangat untuk terus mengajar dengan tulus ikhlas dan memberikan pendidikan sebaik-baiknya kepada siswa-siswinya. Bapak. H Azharuddin , M.Sy yang juga memiliki pengalaman sebagi guru madrasah ini juga memberikan tips kepada para peserta agar menjadi guru terbaik. Tips pertama untuk menjadi guru terbaik menurut pengalaman beliau adalah dengan selalu berlaku disiplin dalam bekerja, baik dari jam kerja dimana guru wajib datang lebih awal dari siswa di pagi hari agar dapat menyambut siswa yang datang, menyalami dan mendoakan agar siswa-siswi menajdi anak yang alim dan sholeh-sholehah. Tips yang kedua adalah produktif mengisi waktu yang telah diprogramkan dalam rancangan pembelajaran. Tips yang ketiga dari beliau adalah menjadi guru yang loyal, murah senyum dan tidak pernah marah kepada siswa serta memberikan pelajaran dengan metode yang menyenangkan disesuaikan dengan tipo anak masa kini. Tips terakhir dari beliau adalah peserta diharapkan menjadi guru yang profesional dalam mengajar dan terus menambah pengetahuan serta kualifikasi dengan banyak membaca buku dan tidak hanya mengandalkan pembinaan dari sekertariat.

Banyak pengalaman dan nasehat yang diberikan oleh Bapak. H Azharuddin , M.Sy dengan suasana yang santai diiringi guyonan namun tetap disimak dengan serius oleh para peserta. (LRS)

Baca Juga