Reformasi Birokrasi dengan Layanan Terbaik Bebas Korupsi
Dikirim oleh kemenag 08-08-2019
blog image

Selong, 08 Agustus 2019. Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur menggelar Rapat Koordinasi Implementasi Reformasi Birokrasi yang diikuti oleh 20 orang peserta. Peserta rapat ini terdiri dari wakil dari Kepala Seksi, Kepala Madrasah Negeri, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Kantor. Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan yang diadakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur dimulai pukul 08.30 WITA dan diakhiri pada pukul 12.30 WITA.

Dalam laporan Ketua Panitia Rapat, Bapak Zulkurnain, SE, disampaikan bahwa landasan kegiatan ini diantaranya adalah Perpres Nomor 81 Tahun 2010 tentang grand Design Reformasi Birokrasi Tahun 2010-2025 serta Permenpan dan RB nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Beliau juga menyampaikan, melalui landasan tersebut, Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegritas, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik Aparatur Sipil Negara.

Rapat Koordinasi Implementasi Reformasi Birokrasi diisi oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu;

  1. Kepala Kantor Kementarian Agama Kabupaten Lombok Timur Bapak H Azharuddin, M.Sy
  2. Kepala Sub Bagian Organisasi, Tata Laksana dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Provinsi NTB Bapak H Zahruddin, S.Ag, M.Sy.
  3. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementarian Agama Kabupaten Lombok Timur Ibu Hj Baiq Isniarti
  4. Analis Kepegawaian Kanwil Kemenag Provinsi NTB Bapak Khoirul Anam

Dalam penyampaian materinya sekaligus sebagai pembuka rapat koordinasi, Bapak H Azharuddin, M.Sy menyampaikan tentang budaya negatif yang masih melekat pada pegawai. Untuk mengatasi budaya negatif beliau berpesan agar para ASN menjadi pelopor tepat waktu, melakukan reformasi birokrasi dan menjadi pegawai yang baik. Untuk menjadi pegawai yang baik beliau memberikan 4 tips yaitu disiplin, produktif, melayani dengan tulus ikhlas dan profesional.  Sebagai pelayan masyarakat Bapak H Azharuddin, M.Sy juga menekankan agar ASN memberikan pelayanan terbaik baik layanan internal maupun eksternal, terutama pada layanan eksternal. Diharapkan para ASN dapat melayani dengan ikhlas tulus, agar masyarakat yang dilayani keluar dengan senyum dan memberikan doa terbaik untuk kita dan instansi.

Melanjutkan rapat yang telah dibuka oleh Bapak H Azraruddin M.Sy, materi dilanjutkan oleh Kepala Sub Bagian Organisasi, Tata Laksana dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Provinsi NTB Bapak H Zahruddin, S.Ag, M.Sy. Beliau menyampaikan tentang Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas melalui implementasi Permenpan dan RB Nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Materi terakhir disampaikan oleh Analis Kepegawaian Kanwil Kemenag Provinsi NTB Bapak Khoirul Anam tentang aplikasi database Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) menuju WBK dan WBBM. Sebelum membahas detail tentang aplikasi database PMPZI Bapak Khairul Anam mengingatkan kepada peserta bahwa PMPZI adalah salah satu Kepatuhan Satker selain Reformasi Birokrasi Zona Integritas (RBZI) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) serta Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Selain itu beliau juga mengingatkan para peserta terkait kepatuhan ASN yaitu mengisi laporan harian yang  ditandatangani pimpinan, yang  nantinya akan menjadi SKP tahunan. (LRS)

Baca Juga