Pembekalan KARU KAROM Pendamping Jemaah Haji 2019
Dikirim oleh kemenag 02-07-2019
blog image

Selong, 1 Juli 2019. Menyambung rangkaian kegiatan persiapan keberangkatan jamaah calon haji di Kabupaten Lombok Timur, Kementerian Agama Kementerian  Agama Kabupaten Lombok Timur mengadakan Pembekalan Tugas kepada Ketua Regu (KARU) dan Ketua Rombongan (KAROM). KARU dan KAROM merupakan jamaah yang ditunjuk untuk menjadi petugas yang mengkoordinir jamaah lain demi memudahkan koordinasi dengan Petugas Haji dari Kementerian Agama. Satu orang KARU mengkoordinir satu regu yang terdiri dari 10 orang jamaah dan akan berkoordinasi dengan KAROM. Sedangkan satu orang KAROM mengkoordinir 10 orang KARU dan akan langsung berkoordinasi dengan Petugas Haji.

Kegiatan Pembekalan Tugas KARU dan KAROM diselenggarakan di Aula Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur selama 2 hari yaitu tanggal 1-2 Juli 2019. Kegiatan yang dihadiri oleh 140 orang KARU dan KAROM ini bertujuan untuk memberikan gambaran kewajiban dan hak dari KARU dan KAROM selama bertugas bersama jamaah lainnya di tanah suci.

Pada pembekalan hari pertama diisi oleh DR. TGH. Abdul Aziz Sukarnawadi beserta TGH Ruslan Zain yang pada sesi pertama memberikan gambaran-gambara kondisi ibadah jamaah selama di tanah suci serta kendala yang sering muncul, pertanyaan yang sering ditanyakan jamaah berserta solusi dan jawabannya. Pada sesi kedua di hari pertama disampaikan materi mengenai tugas KARU KAROM oleh Bapak H. L. Muhammad Zainuddin MH. Dalam pembekalan itu Bapak H. L. Muhammad Zainuddin MH menjelaskan bahwa fungsi utama KARU KAROM adalah sebagai penerima arahan, menyampaikan dan melaporkan kembali kondisi jamaah pada Petugas Haji. Beliau juga berpesan kepada KARU KAROM untuk senantiasa Niat, Adil, Sabar, Ikhlas (NASI) dalam menjalankan tugasnya.

Pada hari kedua, pembekalan diisi dengan sharing dan praktik dengan 20 orang Petugas Haji yang nantinya akan bertugas bersama KARO KAROM untuk melayani jamaah. Dalam kegiatan ini para KARU KAROM dibagi kedalam kelompok-kelompok sesuai kloter yang masing-masing didampingi oleh 5 Petugas Haji. Para peserta tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara pembekalan terutama dalam sesi sharing dan tanya jawab.

Baca Juga