Pesan KaKemenag Lombok Timur pada Jamaah Calon Haji : Jaga Kesehatan!
Dikirim oleh kemenag 27-06-2019
blog image

Rangkaian kegiatan manasik haji bagi jamaah pemberangkatan tahun 2019 di Kabupaten Lombok Timur yang dimulai dengan pembukaan pada tanggal 12 Juni 2019 di Masjid Agung Selong lalu dilanjutkan dengan manasik haji yang di fokuskan di masing-masing kecamatan. Kegiatan manasik haji di masing-masing kecamatan bertujuan untuk terus menambah informasi kepada para jamaah calon haji agar semakin siap menghadapi seluruh rangkaian ibadah di tanah suci.

Kegiatan manasik haji di masing-masing kecamatan merupakan kewenangan dari KUA setempat. Kegiatan manasik umumnya difokuskan di masjid-masjid besar di tiap kecamatan. Manasik diselenggarakan secara serentak tanggal 17 – 24 Juni 2019. Dalam kegiatan manasik haji yang dihadiri oleh jamaah perkecamatan ini selain dilakukan penyampaian materi, tanya jawab, juga dilakukan manasik dimana para jamaah dikondisikan pada lingkungan dan suasana ibadah yang menyerupai suasana ihram, dengan balutan kain ihram dan miniatur Ka’bah serta miniatur lokasi ibadah lain agar memberikan gambaran yang lebih nyata kepada pada jamaah. Setiap sesi kegiatan selalu diikuti dengan tanya jawab untuk meminimalisasi kebingungan jamaah.

Untuk memastikan pelaksanaan kegiatan manasik haji di tingkat kecamatan berlangsung dengan lancar, Kepala kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. Azharuddin, M. Sy., melakukan kunjungan ke masing-masing kecamatan. Dalam setiap kunjungannya Bapak Drs. H. Azharuddin, M. Sy, senantiasa mengingatkan kepada para jamaah untuk mengikuti manasik dengan sungguh-sungguh dan tidak pernah sungkan untuk bertanya kepada para pembimbing dan pemateri jika ada ketidakjelasan atau hal yang belum dipahami. Bapak Kepala kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur mengharapkan nanti ketika sudah sampai di tanah suci tiap-tiap jamaah sudah memahami rukun dan tahapan ibadah yang akan dilakukan. Jangan sampai ketika di tanah suci jamaah masing saling bertanya mengenai urutan kegiatan.

Selain itu, Bapak Kepala kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur juga menyampaikan agar para jamaah mempersiapkan kondisi fisiknya untuk menghadapi rangkaian ibadah haji yang banyak memerlukan kegiatan fisik dengan rutin berjalan kaki pagi dan juga menjaga kesehatan tubuh dengan makanan yang bergizi.

Baca Juga